Kekuatan Tentara Militer Pertahanan Indonesia

Kekuatan Tentara Militer Pertahanan Indonesia

Kekuatan militer nasional dalam hal sumber daya manusia tidak terbatas pada jumlah anggotanya di angkatan bersenjata. Kemampuan militer mencakup jumlah orang, ketersediaan staf, kesiapan staf yang akan diterjunkan setiap saat, jumlah orang yang mencapai usia tidur. Dalam setahun, jumlah prajurit, jumlah kendaraan militer, hingga prajurit cadangan.

Jumlah prajurit merupakan faktor utama dalam tampilan kekuatan militer di suatu negara, khususnya tentara aktif yang siap digunakan dalam perang. Sementara itu, pasukan cadangan bisa digunakan saat dibutuhkan. Di sisi lain, masyarakat dalam suatu negara, terutama buruh yang memiliki kualifikasi untuk kepentingan militer, diberi kesempatan untuk membentuk kekuatan militer, terutama pada saat perang.

Pada tahun 2020, jumlah karyawan yang tersedia di Indonesia sekitar 800.000, di antaranya 400.000 aktif dan 400.000 cadangan. Jumlah tenaga kerja aktif di Indonesia menempati urutan ke-13 di dunia, sedangkan tenaga cadangan menempati urutan ke-16 di dunia. Sebaliknya, dengan populasi 262,8 juta, total 130,9 juta orang Indonesia, atau hampir 50% dari mereka, merupakan populasi aktif. Secara total, 108,6 juta orang merupakan sumber daya yang dapat digunakan untuk mendukung kekuatan militer. Dari segi jumlah orang dan orang yang siap berperang, Indonesia menempati urutan ke-4 dunia.

Teknisi mempersiapkan pesawat Sukhoi TNI AU sebelum lepas landas dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8 Agustus 2014). Sukhoi merupakan salah satu jenis jet tempur untuk melindungi dan menjaga keamanan darat di Indonesia.

Kekuatan angkatan udara

Kekuatan Tentara Militer Pertahanan Indonesia

Kekuatan militer suatu negara juga dipengaruhi oleh kemampuan pertahanan udaranya, terutama pesawat terbangnya, baik udara, laut maupun darat. Angkatan udara termasuk pesawat tempur, pesawat tempur darat, pesawat khat, pesawat latih, pesawat pengintai dan khusus, helikopter dan jet tempur.
Prajurit adalah angkatan udara yang paling penting karena mereka dapat digunakan terutama dalam pertempuran udara untuk menyerang pesawat lain yang menyerang objek darat. Di sisi lain, ada juga drone khusus yang menyerang target darat.

Selain itu, pesawat latih dianggap sebagai elemen pendukung kekuatan udara militer, karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sedangkan kapal induk adalah angkatan udara yang mengangkut peralatan dan senjata militer ke suatu negara.

Kekuatan udara juga dibantu oleh kepemilikan helikopter, karena helikopter dapat bervariasi dari satu pesawat ke pesawat lainnya. Hingga tahun 2020, TNI AU memiliki total 462 pesawat, meliputi 41 jet tempur, 39 pesawat serang, 54 pesawat kargo, 109 pesawat latih, 5 pesawat pengintai dan pesawat swasta, 177 pesawat.

Wilayah udara Indonesia menduduki peringkat ke-28 dunia

Berdasarkan angka tersebut, wilayah udara Indonesia menduduki peringkat ke-28 dunia, tertinggi di Asia Tenggara. Namun, terutama dari segi jumlah pemilik militan, Indonesia menempati urutan ke-48, di bawah beberapa negara ASEAN, seperti Singapura (22), Vietnam (28), Thailand (30), dan Myanmar (36).).

Tank Leopard tersebut dikeluarkan dari garasinya di Markas Batalyon Kostrad 8/2, Desa Beji, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu 19 November 2014. Bertahan di Hank Tank, TNI kini memiliki armada tank berat. Sebelum membeli tank Leopard produk Jerman, TNI memiliki satu armada tank ringan, Scorpion Tank.

Kekuatan angkatan darat

Kekuatan militer nasional terlihat dari pertahanan darat seperti tank, kendaraan lapis baja, artileri, dan granat berpeluncur roket. Memiliki tank dianggap sebagai pilar militer di darat karena merupakan sistem persenjataan yang digunakan di garis depan kendaraan lapis baja.

Di sisi lain, pasukan darat juga memiliki mortir, tongkang dan menara penggerak sendiri, yang merupakan perangkat pertahanan pusat dan jarak jauh. Memiliki rudal, selain menjadi kekuatan darat yang mampu menyerang target di daerah terpencil, di atas segalanya adalah kemampuan psikologis alami.

Related Posts